Selasa, 29 Maret 2011

Tips : Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris

Menguasai Bahasa Inggris Cara Cepat, Mudah, Efektif dan Menyenangkan

Kegunaan bahasa
Bahasa digunakan orang sebagai alat komunikasi. Dengan bahasa, orang mengirim dan menerima pesan. Apabila seseorang bisa mengirim dan menerima pesan, itu berarti mereka berkominukasi dengan bahasa yang sama. Apabila pesan itu tidak dikirim atau tidak bisa diterima, itu berarti mereka tidak mengunakan bahasa yang sama. Dan itu adalah fatal, karena kemudian mereka tidak bisa berkomunikasi. Dan Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, mutlak diperlukan. Tak bisa dipungkiri, orang akan mendapat nilai lebih jika dia menguasai bahasa Inggris secara aktif.

Bahasa Inggris itu mudah
Jika ada yang bilang bahasa Inggris itu sulit, itu salah besar! Jika anda belum bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris, itu hanya dikarenakan anda belum mengenalnya saja: anda belum mengenal cukup kosa kata dan tata bahasanya.

Kesenangan & ketertarikan
Setiap kali kita mempelajari sesuatu, pastilah rasa suka dan ketertarikan akan membuat semua hal menjadi terasa mudah dan menyenangkan. Proses belajar secara otomatis menjadi cepat dan efektif. Anda cepat menangkap informasi dan pengetahuan karena anda terlibat dengan tema yang sedang dibahas. Dan hal itu juga berlaku ketika kita mempelajari bahasa Inggris.

Gunakan cara belajar yang anda sukai, secara auditory, visual atau kinesthetic.
Auditory adalah proses belajar dengan cara mendengarkan kaset lagu- lagu, suara native speaker atau berita di radio yang menggunakan bahasa Inggris.
Visual adalah proses belajar dengan cara melihat film, gambar, membaca komik, artikel, novel yang menggunakan bahasa Inggris atau mengunjungi tempat- tempat yang menarik.
Kinesthetic adalah proses belajar dengan cara melakukan sesuatu, sebagai contoh adalah main game on line, di mana semua instruksinya menggunakan bahasa Inggris.

Pilihlah topic atau hal- hal yang anda suka sebagai alat bantu belajar anda, yang akan membuat anda bersemangat untuk belajar.
Sebagai contoh
Kasus 1:
Shinta adalah salah seorang anak SMU di Jakarta. Dan tentu saja sebagai seorang pelajar, Shinta dituntut untuk menguasai Bahasa Inggris. Kebetulan, di masa- masa ini dia baru mengenal gimana rasanya naksir cowok keren, gimana harus berbusana dan berdandan yang pantas untuk menarik lawan jenis. Dan hal- hal yang berkaitan tentang hal- hal tersebut sangat menarik perhatiannya.

Shinta lalu mencari article di majalah atau novel berbahasa Inggris yang berkaitan dengan hal- hal tersebut. Sambil belajar bahasa, sambil mendapat informasi tentang apa yang dia sukai. Ketertarikannya akan hal- hal tersebut akan sangat membantunya dalam mempelajari Bahasa Inggris, tanpa dia sadari, Shinta meperoleh banyak kosa kata dan mempelajari penggunaan tata bahasa untuk mengkomunikasikan apa yang dia sukai.

Kasus 2:
Rudi adalah salah seorang anak SMU di Yogjakarta. Dia sangat ingin mempelajari bahasa Inggris karena tuntutan di tempat dia belajar. Dia tahu bahwa dia harus banyak membaca literature dalam bahasa Inggris.

Namun yang banyak dia temukan di rumah adalah literature tentang politik milik ayahnya yang tidak dia pahami dan sukai. Dan ayahnya memaksanya untuk membacanya, karena ada banyak koleksinya di rumah, dari pada beli buku baru lagi. Namun hal itu menyebabkan Rudi merasa bahwa bahasa Inggris itu sulit atau bahkan sangat sulit dan tidak menarik. Rudi jadi malas untuk membaca buku berbahasa Inggris lain, tidak hanya tentang politik. Dan, jika terus dipaksakan maka Rudi bisa saja membenci bahasa Inggris.

Menguasai bahasa Inggris dengan cepat
Pelajari yang anda butuhkan saja terlebih dahulu. Sebagai contoh anda seorang koki, tugas anda sehari- hari adalah memasak dan memberi training pada junior anda atau menerangkan proses memasak suatu masakan pada klien anda. Jadi yang anda butuhkan adalah kosa kata mengenai sayuran, buah- buahan, alat – alat memasak, beberapa kata kerja dan beberapa kata yang mampu menggungkapkan keadaan-keadaan yang berkaitan dengan dunia masakan yang anda butuhkan. Tense/ tata bahasanya juga hanya yang digunakan untuk mengungkapkan proses memasak dan hasil atau beberapa lainnya yang mendukung.

Anda tidak wajib menguasai tense/ tata bahasa yang diajarkan di level- level tinggi. Semua kembali lagi ke kebutuhan anda.

Cara mempelajari bahasa ibu
Sebenarnya, kalau sekedar bisa bicara dan mengerti bahasa, prinsipnya dibuat ‘fun’ aja. Pengalaman kita selama ini, kita tidak perlu mengikuti kelas tertentu atau membutuhkan guru seorang profesor untuk mempelajari bahasa ibu kita.

Yang paling mudah yaitu ngikutin cara bayi belajar bahasa. Urutannya mulai dari mendengar, bicara, membaca, lalu menulis. Cara ini menjadi sangat efektif karena lingkungan sekitar kita mendukung. Dalam keseharian, orang- orang di sekeliling kita menggunakan bahasa ibu untuk berkomunikasi. Kita bisa menemukan contoh dan berlatih menggunakan bahasa ibu dengan sangat mudah karena ada lawan bicara di setiap waktu, di mana pun berada.

Namun hal itu akan menjadi berbeda ketika kita sedang mempelajari bahasa asing, karena tidak semua orang memiliki lingkungan yang mendukung, yang memenuhi syarat seseorang bisa mempelajari bahasa asing seperti mempelajari bahasa ibu. Bagi anda yang beruntung, memiliki lingkungan yang mendukung, misalnya memiliki teman kerja expatriat, belajar di sekolah yang penggunaan pengantar bahasa Inggris di keseharian, atau tinggal di luar negeri yang mengunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari- hari. Dengan begitu, anda secara otomatis akan mempelajari bahasa asing seperti mempelajari bahasa ibu.

Cara mempelajari bahasa Inggris yang efisien
Pelajari bahasa Inggris menurut fungsinya. Seperti misalnya anda ingin mengungkapkan/ menyampaikan apa, di mana anda berada saat itu, di situasi/ suasana yang bagaimana apakah formal atau informal, siapa lawan bicara anda (apakah teman, atasan atau klien),  baru anda mencari tahu harus dengan tense/ tata bahasa yang bagaimana.

Cara mempelajari bahasa Inggris dengan ebook KURSUS ENGLISH.
Dalam ebook ini, cara belajar bahasa Inggris ini sedikit saya rubah urutannya dari cara kita mempelajai bahasa ibu, yaitu: mendengar (dan membaca), membaca, menulis (berlatih dengan mengisi latihan), lalu berbicara.

Urutan yang diberlakukan untuk mempelajari bahasa Inggris dengan ebook ini di setiap bagian di tiap unitnya adalah:

1. mengenal kosa kata (dengan mendengarkan native speaker dan membaca dengan
    bersuara seperti yang dibacakan oleh native speaker);
2. mengenal fungsi tense/ tata bahasa dengan menggunakan kosa kata yang baru saja
    dipelajari;
3. berlatih mengisi latihan- latihan yang tersedia secara tertulis
4. berlatih berbica sesuai fungsi tense/ tata bahasa yang baru saja dikenalkan dan
    menggunakan kosa kata yang baru saja dipelajari dengan mengiluti panduan;
5. berlatih berbicara tanpa panduan (dipastikan anda sudah mampu berkomunikasi secara
    mandiri).

Tema yang diangkat di tiap unitnya adalah yang sering ditemui dikeseharian.

Meningkatkan kemampuan berbahasa
Kata anak muda sekarang, jadi orang yang ‘asyik’ itu orang yang bisa nyambung kalau diajak ngomong/ diskusi tentang apa aja dan yang ‘up to date’ alias ga ketinggalan jaman.

Kunci utamanya selain mempelajari tata bahasa dan fungsinya nya adalah selalu menambah kosa kata yang anda miliki. Yang penting sudah menguasai fungsi- fungsi dan pola kalimat di setiap tense/ tata bahasanya, mau ganti topik kayak gimana, modelnya sama...yang penting punya kosa kata yang lumayan.

1. Penambahan kosakata sendiri:
Pilihan kata dalam bahasa Inggris sangatlah penting. Untuk itu penguasaan kosa kata menjadi mutlak. Dengan disertainya sering nya anda membaca buku, menonton film, mendengarkan lagu- lagu, membaca artikle atau buku- buku dalam bahasa Inggris maka kemampuan dalam memilih kosa kata yang tepat, secara otomatis akan terasah.

Sebagai pengembangannya yang penting stok kosa kata yang lumayan banyak. Nah, dari mendengarkan lagu- lagu berbahasa Inggris, menonton film barat dan memaksakan diri membaca novel-novel atau artikel berbahasa Inggris sesuai minat anda, ternyata bisa mendapatkan kosakata yang lumayan.

Kenapa disarakan memilih topik- topik yang yang anda minati, sukai atau butuhkan?
Karena itu akan sangat berpengaruh terhadap perasan anda. Jika anda melakukan hal yang anda suka, maka anda akan menjadi lebih tertarik, lebih betah dalam melakukan sesuatu, lebih relax/ santai. Semua itu akan berimbas dengan kemampuan anda menyerap hal baru yang lebih banyak dengan lebih cepat dan efektif.


2. setiap hari, setiap saat kita bisa belajar
Sehari-hari, kita melakukan kegiatan-kegiatan beragam. Berbelanja misalnya, kita melakukan perjalanan menuju pasar melewati jalan dengan banyak gedung di kanan- kiri kita, berkomunikasi dengan penjual, memilih sayuran dan bahan yang akan kita beli, mengamati barang dan peristiwa di pasar, melakukan transaksi jual-beli, dan sebagainya. Banyak pengetahuan dan pelajaran yang terlibat di dalam kegiatan kita sehari-hari yang kelihatannya sederhana dan berjalan otomatis tersebut.

Agar kegiatan keseharian dapat menjadi pengetahuan, yang dibutuhkan adalah membawanya ke alam sadar dan di dalam sebuah proses yang terencana dan berjenjang.

Metode ini didasarkan pada kenyataan bahwa orang mampu menyerap lebih baik jika apa yang mereka pelajari bisa langsung dihubungkan dengan dunia nyata sehari-hari. Cara belajar seperti ini memungkinkan anak memahami sesuatu dengan utuh dan berpikir luas, tanpa meninggalkan unsur kreatifitas.

Anda hanya dituntut untuk lebih kreatif dalam mengaitkan keseharian anda dengan mempelajari bahasa Inggris.

Misalnya: Selesai belanja, ketika anda mencuci sayuran coba sebutkan nama buah buahan atau sayur-sayuran itu dalam bahasa Inggris. Ketika anda mulai mengupas, memotong dan memasaknya, coba sambil menyebutkan prosesnya dalam bahasa Inggris. Jika anda menumukan bahwa anda belum mengenal kosa katanya dalam bahasa Inggris, bukalah kamus dan cari jawabannya.

Lakukan hal yang sama dalam aktifitas yang lain, misalnya mandi, mencuci mobil, dan lain- lain.

3. gunakan tema tertentu
Untuk memepermudah proses belajar agar tidak banyak melakukan lompatan mencari kosa kata dan tense/ tata bahasanya, pilih tema/topik yang disukai dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.Hal itu akan menjadi pintu masuk untuk proses pembelajaran.

Luangkan waktu untuk merencanakan belajar berdasarkan tema di waktu luang anda.

2 komentar: