Selasa, 29 Maret 2011

Bisa Bicara Bahasa Inggris dalam waktu singkat


Beranilah dan bangun rasa percaya diri Anda

Sering anda takut – takut untuk mengungkapkan sesuatu karena merasa tidak yakin apakah kalimat itu benar atau salah. Karena khawatir bisa saja orang yang kita ajak bicara tidak tahu maksud anda, bisa saja nanti diketawain, atau disalahkan.

Dalam belajar bahasa, anda pastinya tidak langsung sempurna dalam merangkai kata- kata atau kalimat. Yang anda butuhkan adalah ‘action’ untuk yang pertama kalinya saja, cairkan es batu di dalam mulut anda, dan semuanya akan baik- baik saja….

Kalau cuma keliru ketika anda bicara saja, tidak jadi soal. Begitu melihat lawan bicara agak bingung, anda bisa mencoba menerangkannya lagi maksud anda, mencoba menggunakan kosa kata yang lain, menggunakan gesture anda, atau bahkan menggambarkan apa yang anda maksud. Beres, deh. Masalah bisa teratasi. Yang tidak boleh keliru adalah ketika kita menyampaikan pesan secara tertulis, karena jika ada kekeliruan atau kesalah pahaman, kita tidak bisa langsung mengkoreksi/ menerangkan apa yang kita maksud. Salah- salah malah terjadi salah paham.

Dan jangan lupa untuk secara terus menerus meng ekspos diri anda dengan bahasa yang baik dan benar sehingga nantinya dalam perkembangannya, kemampuan bahasa yang anda peroleh pun akan berkembang dengan baik pula. Sebagai contoh, anda mewajibkan diri anda berada di depan TV setiap hari di jam tertentu untuk mengikuti program berita atau Talk Show dengan mengunakan bahasa Inggris.

Anda juga bisa bertanya kepada teman yang anda anggap bisa membantu atau anda bisa membuka buku referensi untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan.

Jadi, santai aja… yang penting ACTION!

Bicaralah dalam bahasa Inggris sekarang juga.
1. Paksakan diri anda berani memulai bicara dalam bahasa Inggris. Buatlah kalimat secara lisan dengan kosa kata yang anda miliki dan tense/ tata bahasa yang anda kuasai tanpa harus menunggu anda menyelesaikan suatu level tertentu di kursusan bahasa Inggris. Tak perlu khawatir akan hal- hal yang menakutkan yang menyesakkan pikiran anda jika anda membuat kekeliruan: apakah tata bahasa yang salah, pilihan kata yang kurang tepat, cara penyampaian yang ribet/ sulit dipahami orang lain. Santai saja, karena semua orang pasti melewati proses ini. Semakin cepat anda ‘action’, semakin cepat anda memulai transformasi diri anda.

2. Anda bisa saja meminta maaf terlebih dahulu dengan lawan bicara anda dan ungkapkan jika anda sedang belajar bahasa Inggris. Sehingga harap maklum kalau percakapan masih kurang lancar. Saya yakin mereka akan maklum dan menghargai usaha keras anda. Mereka tidak akan mentertawakan anda, bahkan mereka akan sangat membantu anda karena anda akan mendapatkan feedback yang sangat anda butuhkan.

3. Ajak satu atau beberapa teman untuk belajar berbicara dengan bahasa Inggris bersama- sama. Karena kemampuan itu tidak datang dengan sendirinya, kita harus rutin/ konsisten berlatih/ menggunakannya. Rules of the game nya: jika kalian bertemu/ berbicara di telpon, kalian harus berbicara mengunakan bahasa Inggris setiap saat. Lakukan saling memberi feedback/ masukan. Tak perlu malu jika melakukan kesalahan, karena teman anda siap memberi feedback dan input membangun. Kuncinya pada konsistensi yang harus terus dijaga. Anda jangan sekali pun bicara dengan bahasa Indonesia dengan kawan (-kawan) anda. Lakukan secara bertahap jika nda masih ragu: step 1, lakukan selama 1 hari itu, lalu bertamah menjadi 1 mgg, 1 bulan, seterusnya. Untuk meningkatkan sportifitas dan memunculkan dorongan dari diri, adakan sistem denda, misalnya jika anda atau kawan anda berbicara dengan bahasa Indonesia, maka dia harus mentraktir teman se kelompok ke esokan harinya., atau denda uang Rp. 1000,- yang dikumpulkan, dan dibuat makan- makan bareng di akhir bulan. Pasti seru !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar